MAKALAH
JENIS-JENIS PERPUSTAKAAN
(UMUM, SEKOLAH, PERGURUAN TINGGI, dan KHUSUS)
Oleh :
HARUM ZAKIAH LUBIS
NIM : 102201033
D-III PERPUSTAKAAN
FAKULTAS SASTRA
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
MEDAN
2010/2011
KATA PENGANTAR
Puji syukur bagi ALLAH SWT yang
telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada penulis, sehingga dapat
menyelesaikan makalah ini. Shalawat dan Salam kepada Junjungan kita Nabi
Muhammad SAW yang telah membawa kita dari kegelapan kealam yang penuh dengan
ilmu pengetahuan dengan ridho ALLAH SWT.
Penulis menyadari bahwa makalah ini
masih jauh dari sempurna, banyak terdapat kekurangan baik dari segi tata bahasa
maupun dari penulisannya. Namun tanpa bantuan, bimbingan, dan dorongan dari
berbagai pihak, semua ini tidak akan terwujud. Segala saran dan kritik yang
sifat membangun akan sangat dihargai.
Secara khusus penulis ucapkan terima
kasih yang tidak terhingga kepada ibunda tercinta penulis yang menjadi sumber
motivasi serta kekuatan dan curahan
kasih sayang serta do’a yang diberikan kepada penulis dalam membina dan
mendidik penulis sampai sekarang ini.
Akhirnya semoga makalah ini dapat
bermanfaat bagi kita semua.
Medan, 14 Oktober
2010
Penulis
(
Harum Zakiah Lubis )
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang dan Masalah
Perkembangan suatu perpustakaan dapat dilihat dari kegiatan
pelayanannya. Karena keberhasilan pelayanan merupakan tujuan akhir yang ingin
dicapai oleh suatu perpustakaan. Pelayanan pengguna adalah salah satu tugas
penting dalam penyelenggaraan suatu perpustakaan, dimana pelayanan tersebut
adalah suatu unit kegiatan yang mempunyai tugas pokok memberikan pelayanan,
informasi, dan pengarahan hingga pengguna dapat menelusuri dan mempelajari
informasi yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan.
Untuk melakukan tugas layanan dengan baik, pihak perpustakaan perlu
mempelajari, memahami dan mengerti akan kebutuhan penggunanya. Dimana dalam
memberikan pelayanannya perpustakaan harus mengutamakan kepentingan pengguna perpustakaan
sehingga fungsi perpustakaan benar-benar terlaksana.
Dari sebuah makalah ini yang akan membahas tentang jenis-jenis
perpustakaan. Dan akan diketahui banyak perbedaan dari jenis-jenis perpustaknaan
umum, perpustakan sekolah, perpustakaan perguruan tinggi, dan perpustakaan
khusus.
Oleh sebab itu berdasarkan uraian diatas untuk mengetahui lebih
jelas bagaimana pelayanan pengguna pada jenis-jenis perpustakaan. Penulis
merasa tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang pelayanan pengguna pada
jenis-jenis perpustakaan dengan memilih judul “Jenis-jenis Perpustakaan
Umum, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Khusus”. Sesuai dengan judul penulisan kertas karya ini maka masalah yang
akan dibahas adalah bagaimana perbedaan pelayanan pengguna pada Jenis-jenis Perpustakaan
Umum, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Khusus.
1.2.
Tujuan Penulisan
Adapun tujuan penulisan kertas karya ini adalah :
1. Untuk
mengetahui dengan jelas letak lokasi perpustakaan, pengguna perpustakaan,
koleksi perpustakaan, dan pelayanan perpustakaan yang ada dalam jenis-jenis
perpustakaan umum, perpustakaan sekolah, perpustakaan perguruan tinggi, dan
perpustakaan khusus.
2. Untuk
mengetahui sejauh mana kegiatan
pelayanan pengguna yang telah dilakukan oleh perpustakaan dalam jenis-jenis
perpustakaan diatas dalam memenuhi kebutuhan informasi.
1.3.
Ruang Lingkup
Ruang Lingkup perpustakaan kertas karya ini adalah kegiatan
pelayanan pengguna pada perpustakaan umum, perpustakaan sekolah, perpustakaan
perguruan tinggi, dan perpustakaan khusus yaitu pelayanan sirkulasi dan
pelayanan referensi. Pelayanan sirkulasi disini meliputi pelayanan keanggotaan,
peminjaman, pengembalian, perpanjangan, penagihan, denda/sanksi, statistik.
Pada pelayanan referensi yang akan dibahas yaitu tentang koleksi buku yang ada
dalam perpustakaan umum, perpustakaan sekolah, perpustakaan perguruan tinggi,
dan perpustakaan khusus.
1.4.
Metode Pengumpulan Data
Metode yang dilakukan
oleh penulis dalam penyusunan kertas karya ini adalah :
1.
Studi Kepustakaan (Library
Research) yaitu penelitian terhadap bahan-bahan yang ada berupa buku, artikel,
majalah dan yang lainnya yang ada hubungannya dengan masalah yang akan dibahas.
2.
Studi Lapangan (Field Research)
yaitu dengan mengadakan pengamatan langsung pada Perpustakan Umum Kota Medan,
Perpustakaan Sekolah Eria, Perpustakaan Universitas Negeri Medan (UNIMED), dan
Perpustakaan Lembaga Pendidikan Perkebunan (LPP) Medan.
BAB II
PERPUSTAKAAN UMUM
2.1.
Pengertian Perpustakaan Umum
Perpustakaan umum
merupakan sebuah perpustakaan atau sistem perpustakaan yang menyediakan akses
yang tidak terbatas kepada sumberdaya perpustakaan dan layanan gratis kepada
warga masyarakat di daerah atau wilayah
tertentu , yang didukung penuh atau sebahagian dari dana masyarakat (pajak).
Menyimak definisi diatas, Perpustakaan Umum memiliki tugas yang sangat luas
dalam hal penyediaan akses informasi kepada masyarakat.
Untuk meggolongkan suatu
perpustakaan termasuk ke dalam jenis perpustakaan umum, setidak-tidaknya
melihat empat unsur sebagai kriteria yaitu :
a). Koleksi
perpustakaan umum harus terbuka bagi semua warga untuk keperluan rujukan maupun
untuk peminjaman.
b). Seluruh
atau sebahagian besar anggaran perpustakaan umum diperoleh dari dana masyarakat
umum, baik dari tingkat lokal maupun nasional. Dana masyarakat umum yang
dimaksud adalah diperoleh dari pajak.
c). Jasa
pelayanan yang diberikan kepada semua warga adalah cuma-cuma atau gratis.
d). Koleksinya
mencakup semua jenis bahan perpustakaan bagi semua warga dan dalam suasana
subjek atau topik.
2.2.
Penilitian
Penelitian saya tentang perpustakaan umum tinjauan saya yaitu “Perpustakaan
Umum Kota Medan”. Kegiatan pelayanan ini termasuk pelayanan sirkulasi
(peminjaman, pengembalian, dan perpanjangan).
Pelayanan sirkulasi merupakan pelayanan yang disediakan oleh
perpustakaan kepada pengguna, untuk memanfaatkan koleksi buku perpustakaan.
Tugas pokok bagian sirkulasi ini adalah melayani pengguna yang akan meminjam
dan mengembalikan bahan pustaka.
2.2.1. Lokasi Perpustakaan
Lokasi Perpustaakan Umum
Kota Medan berada di Jalan Sultan Iskandar Muda No. 270 B Tlpn. (061)
4527921Medan 20112.
2.2.2.
Pelayanan Perpustakaan
Adapun
kegiatan pelayanan sirkulasi yang dilaksanakan di Perpustakan Umum Kota Medan meliputi
:
- Keanggotaan
- Peminjaman
- Pengembalian
- Perpanjangan
- Pemberian sanksi
Pelayanan
- Open Akses
- Wi Fi
- Refrensi
2.2.3. Pengguna
Perpustakaan
-
Umum
- Untuk segala
usia
Untuk pengguna ruang
perpustakaan Jam buka perpustakaan setiap hari kerja yaitu :
-
Senin-Kamis : 07.30 -
16.00 WIB
- Jum’at :
07.30 - 15.30 WIB
- Sabtu :
07.30 - 13.00 WIB
2.2.4. Koleksi Buku Perpustakaan
-
Umum 000-900
-
Refrensi
-
Deposit
BAB III
PERPUSTAKAAN SEKOLAH
3.1.
Pengertian Perpustakaan Sekolah
Dalam pengertian yang
sederhana Perpustakaan Sekolah adalah perpustakaan yang dikelola serta terdapat
di sekolah dengan tujuan membantu sekolah untuk mencapai tujuannya.
Perpustakaan sekolah terdapat pada jenjang pendidikan mulai dari Taman
kanak-kanak hingga ke Sekolah Menengah Tingkat Atas.
Koleksi perpustakaan
sekolah bukanlah semata-mata buku ajar, melainkan buku penunjang pelajaran
serta fiksi. Koleksi suatu perpustakaan sekolah biasanya berupa buku, terbitan
berkala, dan media pendidikan yang sesuai dengan jenjang pendidikan yang
dilayaninya.
Perpustakaan sekolah juga melayani keperluan bacaan guru, murid, dan
staf. Hal yang menarik dalam lingkungan perpustakaan sekolah ini adalah pengelolaannya
yaitu seorang pustakawan sekolah,
yang sering disebut pustakawan guru.
3.2.
Penelitian
Penelitian saya tentang Perpustakan Sekolah, tinjauan saya yaitu “Yayasan
Pendidikan Ani Idrus Perguruan Eria”. Didalam sebuah Yayasan ini, mempunyai
sebuah perpustakaan sekolah yang berada di depan sekolah. Perpustakaan tersebut bernama “
Perpustakaan Sekolah Eria “.
3.2.1.
Lokasi Perpustakaan
Lokasi Perpustakaan
Sekolah Eria berada di Jalan Sisingamangaraja No. 195 Telp. (061) 7874630 Medan
20217 Sumatera Utara.
3.2.2. Pengguna Perpustakaan
Pengguna Perpustakaan
Sekolah Eria yaitu :
- Siswa-siswi (SD, SMP,
SMA, dan SMK)
- Guru
3.2.3. Koleksi Buku Perpustakaan
Koleksi Buku
Perpustakaan Sekolah Eria yaitu :
- 1200 judul buku
- Koleksi Referensi
- Koleksi Majalah
- Koleksi Kliping
- Koleksi Buku-buku
Pelajaran
3.2.4. Pelayanan Perpustakaan
Pelayanan Perpustakaan
Sekolah Eria meliputi :
- Sistem pelayanan sirkulasi pengguna
(peminjaman, pengembalian, perpanjangan).
- Dan menggunakan layanan manual.
Untuk
pengguna ruang perpustakaan jam buka perpustakaan setiap hari kerja yaitu :
- Senin – Sabtu : 09 – 17.00 WIB
Adapun Visi dan Misi sebuah Perpustakaan Sekolah Eria ini yaitu mencerdaskan
anak bangsa agar siswa-siswi gemar membaca buku di perpustakaan sekolah dan
menambah ilmu pengetahuan serta wawasan yang bermanfaat.
BAB IV
PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI
4.1.
Perngertian Perpustakaan Perguruan Tinggi
Secara sederhana
perpustakaan perguruan tinggi adalah perpustakaan yang dikelola oleh perguruan
tinggi dengan tujuan membantu tercapainya tujuan perguruan tinggi. Bentuk
perpustakaan perguruan tinggi adalah universitas, institut, sekolah tinggi,
akademi, politeknik, dan sebagainya. Seperti: Fakultas, Departemen, Jurusan,
Program Studi, Lembaga Penelitian, dan lain sebagainya.
Keberadaan berbagai
perpustakaan pada sebuah perguruan tinggi dapat menjadi suatu sistem
perpustakaan yang saling membantu untuk mendukung pencapaian tujuan perguruan
tinggi induknya.
Sebagai suatu sistem,
pengelolaan perpustakaan-perpustakaan pada perguruan tinggi ada kalanya berbeda
antara satu dengan perguruan tinggi lainnya.
4.2.
Penelitian
Penelitian saya dalam Perpustakaan Perguruan Tinggi, tinjauan saya
yaitu “Perpustakaan Universitas Negeri Medan (UNIMED)”. Perpustakaan
ini berada di depan Gedung Rektor
Universitas Negeri Medan (UNIMED).
Pelayanan Perpustakaan “Perpustakaan
Universitas Negeri Medan (UNIMED) menggunakan pelayanan sirkulasi
(peminjaman, pengembalian, dan perpanjangan).
4.2.1
Lokasi
Lokasi Perpustakaan Sekolah Eria berada di :Jalan Williem Iskandar
Pasar V Medan Estate . Perpustakaan ini berada didepan Biro Rektor
Universitas Negeri Medan (UNIMED).
4.2.2. Pengguna
Pengguna Perpustakaan Universitas Negeri Medan (UNIMED) yaitu :
-
Mahasiswa/mahasiswi
-
Dosen
-
Staf
Untuk pengguna ruang
perpustakaan Jam buka perpustakaan setiap hari kerja yaitu :
- Senin – Jum’at :
08.00 - 17.00 WIB
- Sabtu : 09.00 – 15.00 WIB
4.2.3. Pelayanan
Pelayanan
Perpustakaan ini menggunakan pelayanan sirkulasi (peminjaman, pengembalian, dan
perpanjangan). Faktor utama yang perlu mendapatkan perhatian dalam menjalankan
pekerjaan pelayanan sirkulasi ini adalah terciptanya hubungan yang baik antara
petugas dengan pengunjung perpustakaan.
Adapun
jenis-jenis pelayanan Perpustakaan Universitas Negeri Medan (UNIMED) :
Jenis pelayanan yang ada diperpustakaan
Universitas Negeri Medan (UNIMED) yaitu :
·
Pelayanan Referensi
·
Pelayanan Terbitan Berkala
·
Pelayanan Koleksi Buku Teks
·
Pelayanan Majalah dan Koran
·
Pelayanan Skripsi
·
Pelayanan Audio Visul
·
Pelayanan Internet
·
OPAC ( Online Public Acsess
Catalog )
·
WIFI ( Wireless Fidelity )
·
Ruang Akses Informasi
·
Ruang Diskusi Mahasiswa
Semua jenis
layanan ini dilaksanakan dengan sistem terbuka kecuali koleksi Skripsi, Laporan
Penelitian dilakukan dengan sistem tertutup (close acsess).
Peminjaman Buku Perpustakaan Universitas Negeri
Medan (UNIMED):
·
Peminjaman dilakukan di meja sirkulasi dengan
menunjukkan Kartu Perpustakaan yang masih berlaku
·
Koleksi teks book dapat dipinjam sebanyak 2
(dua) eksemplar selama 2 (dua) minggu.
·
Koleksi tandon/reserve book dapat dipinjam
untuk jangka waktu satu hari.
·
Peminjaman dapat diperpanjang 2 (dua) kali.
·
Keterlambatan pengembalian pinjaman dikenakan
denda Rp.500,- per hari per buku untuk semua koleksi.
·
Bagi peminjam yang tidak membawa kartu anggota
tidak akan dilayani
4.3. Visi dan
Misi Perpustakaan Universitas Negeri Medan (UNIMED)
Visi
Perpustakaan
sebagai sumber informasi yang lengkap bagi kebutuhan sivitas akademika
Universitas Negeri Medan (UNIMED).
Misi
1.
Menyediakan fasilitas pelayanan
informasi untuk memenuhi dan mendukung seluruh kebutuhan informasi sivitas
akademika Universitas Negeri Medan (UNIMED) dalam menunjang belajar mengajar.
2.
Mengelola
informasi dengan standar nasional, regional dan internasional.
3.
Mengembangkan sistem
pelayanan perpustakaan berbasis Information Communication and Technology.
4.4. Tujuan
Perpustakaan Universitas Negeri Medan (UNIMED)
- Menyediakan koleksi yang sesuai dengan kebutuhan mata kuliah.
- Menyediakan fasilitas layanan yang efektif dan efisien.
- Mengembangkan pangkalan data digital.
- Menyediakan sarana dan prasarana yang memadai.
- Tersedia sumber daya manusia dan manajemen organisasi yang baik.
- Menjalin kerjasama dengan unit lain, baik di lingkungan (UNIMED) maupun dari luar (UNIMED).
Kebijakan Institusi dalam Pengembangan Perpustakaan
UPT Perpustakaan merupakan bagian penting bagi peningkatan kualitas lulusan
perguruan tinggi Universitas Negeri Medan (UNIMED). Perpustakaan merupakan Unit
Pelaksana Teknis yang berfungsi menyediakan pelayanan informasi kepada sivitas
akademika dalam menunjang kegiatan belajar mengajar, penelitian dan pengabdian
kepada masyarakat.
Pengembangan program untuk lima tahun ke depan seperti telah dirumuskan
dalam rencana kerja UPT Perpustakaan UNIMED, sangat konsen terhadap peningkatan
sumber informasi dan pelayanan, yaitu :
- Manajemen operasional
- Pengembangan koleksi
- Peningkatan sarana dan prasarana penunjang pelayanan
- Pelayanan prima
- Automasi perpustakaan
Program pengembangan tersebut diharapkan akan membantu meningkatkan
kualitas dan kuantitas sivitas akademika, serta pengembangan program studi yang
ada di UNIMED. Hal ini sangat
terkait dengan kebutuhan koleksi dari masing-masing program studi yang ada.
Pengembangan sistem pelayanan secara terintegrasi dengan memanfaatkan
fasilitas komputer terus dilakukan hingga dapat memberikan pelayanan akses data
perpustakaan dari seluruh unit yang ada di lingkungan Universitas Negeri Medan,
serta secara global, dengan memanfaatkan fasilitas internet.
4.5. Lingkungan Eksternal
UPT Perpustakaan
Universitas Negeri Medan (UNIMED) dalam pelaksanaannya selalu terkait dengan
seluruh unit yang ada di lingkungan Universitas Negeri Medan (UNIMED). Peran serta unit pada intinya sebagai
pendukung peningkatan pelayanan perpustakaan.
Kebutuhan koleksi sangat berpengaruh dengan kebutuhan informasi setiap mata
kuliah, dosen sebagai pengasuh mata kuliah diharapkan dapat memberikan
informasi kebutuhan buku yang mendukung kualitas pemahaman bidang kajian mata
kuliah, sehingga diharapkan kualitas dapat ditingkatkan. Informasi kebutuhan
buku setiap fakultas dapat diterima perpustakaan setiap tahun sehingga
perencanaan pengadaan koleksi dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
Kerjasama dalam pengembangan otomasi perpustakaan dilakukan dengan
memanfaatkan fasilitas jaringan kampus sehingga diharapkan akses terhadap
informasi perpustakaan dapat dilakukan tanpa mengunjungi perpustakaan.
Pengumpulan hasil karya sivitas akademika Universitas Negeri Medansebagai
koleksi perpustakaan terus dilakukan, walau saat ini masih belum terdata. Hal
ini untuk memberikan fasilitas akses informasi hasil karya eksternal (local
content universitas). serta sebagai kontrol pengembangan kajian bagi sivitas
akademika. Karya ilmiah hasil kajian sivitas akademika yang telah dilaksanakan
baru sebatas skripsi mahasiswa, terus dikembangkan sampai saat ini hasil kajian
dosen dalam bentuk laporan penelitian dan laporan pengabdian masyarakat. Disamping
itu juga dilakukan pendataan jurnal ilmiah terbitan sivitas akademika UNIMED.
4.6. Sejarah UPT Perpustakaan Universitas
Negeri Medan
UPT Perpustakaan Universitas Negeri Medan berdiri seiring dengan berdirinya
Institusi induk yaitu IKIP Medan. Pada awalnya merupakan perpustakaan Fakultas FKIP USU. Pada tahun 1959
Perpustakaan dipimpin oleh Ny. Fondoh Hoeres. Pada tahun 1969 perpustakaan baru
menempati gedung tersendiri dengan ukuran 800 m2 berlantai dua.
Unsur pimpinan berganti pada tahun 1962 dipimpin oleh Ny. Hajani Adnan. Pada
tahun 1963 beralih kepada Drs. M. Simatupang dan pada tahun 1965 pimpinan
diserahkan kepada Drs. J. Tumanggor serta pada tahun 1977 pimpinan perpustakaan
dijabat oleh Drs. M. Tambunan.
Sesuai dengan
keluarnya PP 30 tahun 1980 maka status perpustakaan menjadi Unit Pelaksana
Teknis, dimana Kepala UPT Perpustakaan bertanggung jawab langsung kepada Rektor
dengan pembinaan sehari-hari dilakukan oleh Pembantu Rektor I.
Pada bulan Agustus 1984 Kepala Perpustakaan saat itu, Drs. M. Tambunan,
mengikuti tugas belajar ke Amerika Serikat maka perpustakaan dipimpin oleh Drs.
Belling Siregar. Dan sejak bulan Mei 1986 setelah Drs. M. Tambunan kembali dari
tugas belajar kepala UPT Perpustakaan IKIP Medan kembali dipimpinnya.
Tahun 1987 UPT Perpustakaan IKIP Medan pindah ke lokasi kampus baru Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate,
dengan menempati gedung seluas 3.000 m2 berlantai tiga. Karena
kampus IKIP Medan menempati tiga tempat yaitu kampus lama Jl. Merbau, kampus
Jl. Pelajar dan Kampus baru Jl. Willem Iskandar Pasar V maka UPT Perpustakaan
mengambil kebijakan, sejak tahun 1990 membuka Perpustakaan di tiap-tiap
fakultas yang ada dengan sebutan Ruang Baca Fakultas, hal ini dimasudkan untuk
mendekatkan koleksi kepada pemakai perpustakaan terutama bagi pengguna yang masih
jauh dari UPT Perpustakaan di kampus baru.
Pada tanggal 15 Agustus 1989, pimpinan UPT Perpustakaan IKIP Medan
diserahterimakan dari Drs. M. Tambunan, MLS kepada Drs. Belling Siregar. Pada tahun 1992 kepala perpustakaan
mengikuti tugas belajar di Inggris, maka perpustakaan dipimpin oleh Dra.
Ratnawati Dora, SIP sampai tahun 1994. Setelah Drs. Belling Siregar, MLib.
Selesai tugas belajar UPT Perpustakaan kembali dipimpin sampai tahun 1998. Pada tanggal 14 Juli 1998 kepala UPT Perpustakaan diserahterimakan
dari Drs. Belling Siregar, M.Lib. Kepada Dra. Ratnawati Dora, SIP hingga
sekarang.
BAB V
PERPUSTAKAAN KHUSUS
5.1.
Pengertian Perpustakaan Khusus
Perpustakaan khusus merupakan
perpustakaan yang memiliki koleksi-koleksi perpustakaan yang khusus, yang
digunakan sebagai sarana penunjang kegiatan suatu lembaga dan instansi. Menurut
Suhstyo-Basuki (1991:49) “Perpustakaan khusus adalah perpustakaan yang
diselengarakan oleh sebuah dapartemen, lembaga, lembaga negara, lembaga
penelitian, organisasi massa, militer, industri maupun perusahaan swasta”.
Adapun tugas dari
perpustakaan khusus adalah melayani keperluan badan tersebut dengan menyediakan
koleksi buku untuk para ahli dan penelitian yang tergabung pada badan tertentu
dan memberi keterangan biografi yang cepat dan tepat serta mengadakan
penelusuran literatur atas permintaan.
5.2.
Fungsi dan Tujuan Perpustakaan Khusus
Fungsi perpustakaan
khusus adalah sebagai pusat referensi dan penelitian serta memperlancar
pelaksanaan tugas instansi atau lembaga yang bersangkutan. Juga melaksanakan
pembinaan perpustakaan dan membantu pembinaan teknis pengelolaan perpustakaan.
Menurut Soetminan
(1992:28) “Fungsi perpustakaan khusus adalah seabagai pusat referal dan
penelitian serta untuk memperlancar pelaksanaan tugas instansi yang
bersangkutan. Sedangkan tugas perpustakaan khusus adalah melayani suatu
kelompok masyarakat khusus yang memiliki kesamaan dalam kebutuhan dan minat
terhadap bahan pustaka dan informasi”.
Tujuan perpustakaan khusus adalah untuk mendapatkan, mengumpulkan,
dan menyajikan segala bentuk informasi yang ada hubungannya dengan suatu subjek
yang dapat digunakan oleh departemen atau instansi yang bersangkutan. Untuk
membantu tugas badan induk tempat perpustakaan itu bernaung. Sehubungan dengan
masyarakat yang dilayani, maka tujuannya adalah memberikan layanan kepada
pengguna perpustakaan agar dapat dimanfaatkan dan mendayagunakan bahan koleksi
rujukan sesuai dangan jenis layanan yang ada di perpustakaan.
5.3.
Penelitian
Penelitian saya tentang
Perpustakaan khusus, tinjauan saya adalah Perpustakaan Lembaga Pendidikan Perkebunan
(LPP) Medan. Perpustakaan ini merupakan perpustakaan khusus bidang perkebunan
yang berada di bawah biro pelayanan informasi (BPI) LPP Kampus Medan.
5.4.
Lokasi
Lokasi Perpustakaan
Khusus Lembaga Pendidikan Perkebunan (LPP) Medan yaitu berada di Jalan Williem
Iskandar/Jalan Pancing No.1 Sampali Medan.
Pada awalnya
perpustakaan LPP Kampus Medan berada di halaman depan kompleks LPP Kampus
Medan. Letaknya yang strategis ini menyebabkan para mahasiswa, staf
pengajar/dosen, peserta khusus, dan karyawan LPP Medan enggan datang ke
perpustakaan.
5.5.
Koleksi Buku Perpustakaan
Koleksi buku yang
terdapat di Perpustakaan Lembaga
Pendidikan Perkebunan (LPP) Medan yaitu :
1.
Koleksi Umum, misalnya
a.
Bahasa Inggris
b.
Dasar-dasar manajemen
c.
Psikologi umum
d.
Ekonomi
e.
Dan lain-lain
2.
Koleksi Bidang
Pertanian/Perkebunan
a.
Budidaya perkebunan
b.
Budidaya the
c.
Holtikultura
d.
Hama dan penyakit tumbuhan
e.
Dan lain-lain
3.
Koleksi Referensi
a.
Kamus
b.
Ensiklopedia
c.
Kamus istilah perkebunan
d.
Buku pintar
4.
Majalah/Jurnal
a.
Warta kelapa sawit
b.
Swasembada
c.
Trubus
d.
Jurnal pelitian karet
5.
Koran
a.
Waspada
b.
Kompas
c.
Analisa
6.
Brosur/Leaflet
a.
Penelitian hama penyakit
pertanian
b.
Produksi karet
c.
Kebun Induk kelapa Hibrida
d.
Brosur politeknik LPP Medan
7.
Audio-visual
a.
LCD
b.
VTR/VCD
c.
Compack Disk tentang pertanian
d.
Compack Disk tentang LPP
5.6.
Pelayanan
Perpustakaan Lembaga
Pendidikan Perkebunan (LPP) Medan adalah satu perpustakaan yang menggunakan
sistem pelayanan terbuka. Pelayanan terbuka maksudnya (open acsess) yaitu suatu
sistem pelayanan yang membolehkan pengunjung perpustakaan mengambil sendiri
bahan pustaka. Dimana semua pengguna perpustakaan bebas untuk berkunjung dan
para pengguna juga dapat melihat langsung koleksi-koleksi bahan pustaka yang
ada di perpustakaan tersebut.
Dan Perpustakaan ini
menggunakan sistem pelayanan tertutup
(close acsess). Pelayanan tertutup (close acsess) disini maksudnya yaitu
suatu sistem pelayanan yang tidak membolehkan pengunjung perpustakaan masuk ke ruang
koleksi dan mengambil sendiri bahan pustaka yang dibutuhkan.
Adapun
pelayanan pengguna yang diselenggarakan pada Perpustakaan LPP Medan adalah
pelayanan sirkulsi, pelayanan referensi, pelayanan audio-visual, pelayanan
bimbingan pengguna, dan pelayanan internet.
5.7.
Pengguna
Pengguna Perpustakaan
Lembaga Pendidikan (LPP) Medan yaitu Mahasiswa/mahasiswi PAUP, peserta kursus/Diklat,
staf pengajar/karyawan, dll.
Untuk pengguna ruang
perpustakaan, jam buka perpustakaan setiap hari
kerja yaitu :
- Senin – Kamis :
pukul 08.30 – 16.00 WIB
- Jum’at :
pukul 08.30 – 15.00 WIB
DAFTAR PUSTAKA
Hasugian Jonner, 2009. Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Medan : USU Press.
Lasa, HS. 1994. Jenis-jenis Pelayanan Informasi di Perpustakaan. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.
Sulistyo-Basuki, 1991. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Sumardji, P. 1992. Pelayanan Referensi di Perpustakaan. Yogyakarta : Kanisius.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar